“Namaku Bukan Haswell”

Haswell, prosesor Intel Core Generasi ke-4, akan mulai tersedia pada 2013.

Sejak lama produk Intel dikenal dengan nama kodenya. Bahkan, nama seperti Sandy Bridge atau Ivy Bridge kadang lebih terkenal daripada nama asli produk-produk di keluarga prosesor Intel itu.

Di rangkaian Intel Developer Forum (IDF) 2012, Intel kembali berusaha agar nama kode itu tidak seterkenal nama asli alias merek dagang yang akan dikedepankan.

Brian Fravel, yang bertanggungjawab atas branding global di Intel, mengatakan para pembicara dan karyawan Intel pun sudah diminta agar menyebutkan nama dagang sebuah produk daripada nama kodenya.

“Tidak ada salahnya meminta para pembicara untuk menyebutkan ‘4th Generation Intel Core’ terlebih dahulu sebelum menyebut nama kode Haswell. Tidak ada yang bilang, ini hanya boleh disebut ‘4th Generation Intel Core’,” kata Fravel.

Haswell mengacu pada jajaran produk yang akan datang dari Intel yang akan memiliki nama resmi ‘4th Generation Intel Core’. Jajaran produk ini diperkirakan akan hadir mulai 2013.

Memang, nama kode di Intel digunakan jauh sebelum produk itu lahir. Istilah seperti Sandy Bridge, Ivy Bridge atau Haswell biasanya sudah terdengar bahkan hingga lima tahun sebelum produk aslinya muncul.

Namun menurut Fravel, saat mendekati peluncuran produk aslinya Intel ingin agar merek dagang aslinya bisa lebih dikenal. Ia mengatakan, selain untuk branding hal ini juga mencegah kebingungan di sisi konsumen.

“Anda tidak bisa masuk ke toko komputer dan bilang, saya mau membeli komputer dengan Ivy Bridge kan?” katanya.

Editor : (KOMPAS.com)
Reza Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s