XQD Siap Gantikan Compact Flash

MICRODIA

Sony mengumumkan akan mulai memasarkan memory card jenis baru dengan format XQD. Format memory card baru ini digadang untuk menggantikan Compact Flash (CF).

Format kartu memori baru ini memiliki kecepatan tulis sebesar 125 Mbps. Kecepatan ini merupakan standar tercepat di dunia, dalam industri memory card. Penjualan akan dimulai sejak 15 Februari 2012 di Jepang dan negara lain.

Kartu memori terbaru ini mampu memproses data berukuran, seperti gambar mentah (raw image) dari kamera dan video dari kamera high end. Dimana di perangkat seperti itu kendala yang ditemui adalah kecepatan tulis memory card-nya yang lambat.

Dengan kecepatan menulis yang lebih cepat, akan mengurangi jeda pengolahan data berformat besar, seperti RAW dan memudahkan mengedit data yang telah disimpan sebelumnya.

Secara dimensi, XQD akan mempunyai ukuran lebih kecil dibanding CF tetapi lebih besar dari kartu memori jenis SD.

Sony mengatakan, memory card terbaru dengan format Compact Flash tersebut akan diluncurkan dalam dua versi, yakni 16 GB dan 32 GB dan bisa dibaca melalui port USB 3.0. Di Jepang, memory card ini akan dijual dengan harga 20 ribu yen (sekitar Rp 2,3 juta) dan 33 ribu yen (sekitar Rp 3,9 juta), dengan reader seharga 4000 yen (sekitar Rp 400.000).

Editor : (KOMPAS.com)
Reza Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s